Tentang Kami

Pusat Studi 3CM Center adalah Pusat Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran dengan mengusung konsep inovasi untuk perubahan. Perubahan tidak akan terjadi jika seseorang tidak kreatif dan mau berinovasi. Pusat studi ini memberikan layanan bagaimana kreativitas dapat dikembangkan dengan cara yang asik, kritis, kreatif dan menyenangkan (Cool-Critical Creative-Meaningful (3CM)). Proses belajar ini akan memberikan peluang kepada setiap kita yang mau belajar untuk menghasilkan inovasi dari karya kreatif yang dihasilkan. Inovasi untuk perubahan tidak cukup hanya dengan kritis dan kreatif, tetapi harus memberi makna yang memungkinkan seseorang membentuk pembiasaan baik untuk dirinya dan orang lain. Dengan demikian karakter baik akan terbentuk dan akan dihasilkan pribadi yang kritis, kreatif dan berkarakter. Disinilah 3CM Center hadir untuk mewujubkan cita-cita ini. Pembelajaran kreatif dan menyenangkan harus dilakukan di sekolah untuk menyiapkan peserta menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri. Ide pembentukan pusat studi 3CM Center didasari oleh beberapa pemikiran dan juga tuntutan kekinian antara lain:

  1. Salah satu tujuan pendidikan Indonesia adalah mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang kreatif. Bahkan hal ini menjadi salah satu alasan perubahan kurikulum nasional dari KTSP menjadi kurikulum 2013. Kreatif merupakan salah satu komponen utama pendidikan abad ke-21 dan kurikulum kontenporer. Kreatif menumbuhkan kreativitas yang mengarah pada pemerolehan wawasan baru, pendekatan baru, perspektif baru, atau cara baru. Daya kreativitas peserta didik menjadi sesuatu yang penting  dan perlu ditumbuhkembangkan
  2. Peluang mengembangkan kreativitas lebih besar dari pada meningkatkan kecerdasan seseorang. Setiap anak dilahirkan dengan kemampuan bawaan masing-masing dan sangat dipengaruhi oleh faktor genetik orang tua (keturunan), sehingga tidak dimungkinkan bahwa semua anak harus pandai dalam semua bidang. Tetapi memberi kesempatan anak menjadi pribadi kreatif menjadi sesuatu yang sangat mungkin dilakukan.
  3. Tantangan baru dalam pendidikan kita akibat akibat Pandemi Covid-19 dimana kegiatan belajar di lakukan dari rumah secara daring sesuai kebijakan Kemendikbud RI yaitu Belajar Dari Rumah (BDR) dengan cara daring (Surat Edaran Mendikbud RI nomor 3 tahun 2020 dan Surat Sekjen Mendikbud nomor 35492/A.A5/HK/2020). Pembelajaran dilakukan secara daring dan melibatkan pola pemikiran TPACK. Perubahan cara belajar yang sangat tiba-tiba ini, membuat pengajar mengalami kesulitan dalam menyiapkan maupun melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran biasa saja masih sulit apalagi pembelajaran yang menuntut kreativitas peserta didik. Kegiatan belajar dilakukan dengan mengirimkan materi dan tugas, lalu tugas dikerjakan dan dikirim hasilnya lewat group WhatsApp 89,7% dari 263 responden. Peserta didik menjadi jenuh dan ingin Kembali belajar di sekolah (72,12%).
  4. Pengajar perlu dibantu meningkatkan kemampuan penggunaan ICT dan penyiapan kegiatan pembelajaran dan pengukuran hasil belajar. Pembelajaran harus memberikan kesempatan peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, bermakna dengan cara-cara yang menyenangkan dan menantang sehingga mereka senang belajar dan kreativitasnya meningkat.
  5. Kegiatan pembelajaran juga perlu didukung dengan bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai agar peserta didik dapat difasilitasi belajar yang memungkinkan mengembangkan kemampuan berpikir dan kreativitasnya.

Untuk mengemas model baru ini diperlukan keahlian khusus bagi seorang pengajar. Tidak cukup hanya materi (content), kemampuan pedagogi dan kemampuan pemanfaatan teknologi, tetapi juga kemampuan untuk menggabungkan ketiganya.

Hal inilah yang mendorong terbentuknya Pusat Studi 3CM Center (Cool-Critical-Creative-Meaningful). Dimana kegiatan pusat studi ini fokus bagaimana mengembangkan kreativitas peserta didik dan juga pengajar dan juga bagaimana terus memberikan inovasi dalam pembelajaran. Hasil pengembangan model ini telah melalui beberapa penelitian pendahuluan baik yang terkait dengan berpikir kritis, kreatif dan kreativitas peserta didik, serta pengembangan media dan bahan ajar inovatif.

Sebagai model awal untuk memberikan dukungan terhadap layanan yang diberikan oleh pusat studi 3CM Center, maka dikembangkan beberapa fasilitas berikut:

  1. Penyediaan Pembelajaran Daring Terpadu, media dan media daring https://3cmcenter.com
  2. Penyediaan Pembelajaran Daring Parsial, media dan media daring daringparsial.3cmcenter.com
  3. Penyediaan media dan bahan ajar online https://3cmcenter.com
  4. Penyediaan konsultasi pembelajaran Daring, media dan media daring http://bit.ly/KONSULTASI-3CM
  5. Ruang Kreatif 3CM 3CM CENTER